Laman

26 January 2018

Windows dan Lisensi Originalnya bagi Mahasiswa (dengan Dukungan Kampus-Microsoft)

Sudahkan PC kalian, para mahasiswa, memiliki lisensi Windows Ori?

Itulah pertanyaan saya. Sebagian besar dari kalian pasti menjawab belum. Sudah menjadi rahasia umum dikalangan masyarakat Indonesia, bahwa penggunaan Windows original hanya terbatas pada orang-orang yang memiliki dana yang cukup dan sumber daya yang memadai--yang bisa membelinya.

Contoh yang paling riil, biasanya, ketika kita membeli Notebook berapapun harganya akan terinstal sistem operasi Windows dengan 2 kemungkinan: sudah bawaan pabrik dan bonus penjual (Notebook DOS). Bagi yang sudah terinstall dan original maka tinggal pakai dan beli aplikasi Officenya, tapi yang CUMA diinstall tapi belum diaktivasi dan perlu diaktivasi lewat K****** (silahkan terka sendiri maksud saya, haha) maka repotlah urusan kita.

Nah, pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang legal dan tidak legal tetapi tentang alternatif lain bagi kalian mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, yang membutuhkan lisensi Windows legal (tentunya dengan dukungan kampus, contohnya almamater saya Universitas Islam Indonesia) bagi Notebook kalian.

Kenapa lisensi ini penting?
  1. Suatu saat kita membutuhkan update sistem (contoh terkini adalah masalah Spectre dan Meltdown)
  2. Kebanggaan tersendiri
  3. Ingin menggunakan OS/software dengan semestinya
  4. Malu dong, katanya terpelajar tapi OS aja masih bajakan :)


Sedikit pembahasan, Universitas Islam Indonesia menyediakan lisensi Windows gratis bagi mahasiswa dan pegawai kampus. Untuk syarat dan ketentuan silahkan hubungi Badan Sistem Informasi (BSI) UII atau datang langsung ke kantor BSI di Gedung Rektorat.

Nah, karena lisensi ini untuk mahasiswa maka sebagai mahasiswa harus proaktif utnuk mencari info lebih lanjut di kampus masing-masing. Tapi bagi kalian yang kampusnya belum tersedia, saya sarankan untuk berpindah ke distro Linux dan saya akan membahas tentang OS selain windows ini pada post berikutnya.

Program lisensi ini sangat menguntungkan sekali bagi mahasiswa, karena dengan begitu mereka akan memiliki hak untuk memiliki sistem operaasi legal tanpa perlu membayar tambahan biaya.
Nah, jadi kesimpulan dari saya, carilah informasi di kampus kalian, apabila ternyata kampus bekerja sama dengan Microsoft untuk penyediaan lisensi ini, maka silahkan dimanfaatkan. Apabila belum, bersabarlah, masih ada alternatif lain,

Sekian :)

No comments:

Post a Comment